Pentingnya Matematika pada Dunia IT

by Dandi Ariq Davaraffialdi

System • A picture with a caption

Memasuki abad 21 ini dunia mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari bidang teknologi, kesehatan, pendidikan, bahkan dunia bisnis. Semua hal ini tidak lepas dari pengaruh globalisasi dan terjadinya industri 4.0 yang menyebabkan sebuah revolusi yang menitikberatkan pada perkembangan teknologi.

Sebagai seorang mahasiswa yang mengambil jurusan matematika, saya memikirkan bagaimana peran ilmu matematika dalam perkembangan dunia di abad 21 ini, karena bila dipandang dari sudut orang awam tentu saja matematika hanya dilihat sebagai ilmu untuk menghitung campuran angka, tidak terpikirkan bahwa matematika bisa masuk ke bidang lain seperti teknologi, kesehatan, dan lain-lain. Sebagaimana diketahui bahwa matematika adalah ilmu dasar yang sangat penting karenanya sudah diberikan sejak pendidikan dasar, tetapi banyak pertanyaan yang muncul mengenai relevansi ilmu matematika dengan dunia digital ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini tentu saja tidak membutuhkan seorang matematikawan, karena hampir seluruh kegiatan manusia maupun kegiatan bukan oleh manusia terdapat matematika di dalamnya, seperti pembuatan gawai, mesin kendaraan, maupun robot yang menggunakan ilmu matematika. Hal sederhana lain yang menunjukkan peran matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat kita bangun pagi dan melihat jam di dinding, atau saat kita hendak menuju sekolah dan menghitung uang jajan yang diberikan oleh orang tua merupakan contoh bahwa penerapan matematika tidak selalu melibatkan permasalahan yang besar.

Selain perkembangan di bidang teknologi, matematika juga berperan di dalam perkembangan dunia bisnis, seperti bisnis online yang membutuhkan program dan algoritma yang baik untuk dapat berjalan secara digital. Pembentukan program dan algoritma yang baik itu membutuhkan ilmu matematika di dalamnya, karena ada beberapa penghitungan otomatis yang bisa dilakukan dengan penerapan matematika.

Media sosial merupakan salah satu hal menarik yang terjadi akibat globalisasi dan revolusi industri 4.0 karena hampir seluruh masyarakat di dunia menggunakan media sosial saat ini, baik sebagai media rekreasi, media komunikasi, maupun media untuk mendapatkan penghasilan. Ilmu matematika memegang peran penting dalam perkembangan sains dan teknologi ini, karena matematika merupakan alat untuk mengaplikasikan teori menjadi praktik. Seorang pemrogram yang baik selayaknya sudah menguasai beberapa konsep matematika seperti matematika diskrit, probabilitas dan statistika, geometri, dan lain-lain. Perkembangan media sosial ini melatih para penggunanya untuk berpikir kritis mengenai angka, karena banyak media sekarang yang menyajikan kontennya dalam bentuk statistik dan grafik, tetapi untuk memahami hal tersebut tidak diperlukan ilmu matematika yang sangat dalam, hanya sebatas kemampuan untuk berpikir kritis saja.

Beradaptasi dengan Kemajuan Zaman

Digitalisasi merupakan proses alih media dari media cetak, audio, maupun video menjadi media digital. Proses digitalisasi ini berkaitan erat dengan matematika karena hakikat dunia digital yang dibangun oleh dua bilangan biner. Sebagai ilmu yang menjadi fondasi besar bagi terciptanya dunia digital, matematika juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tidak termakan oleh waktu. Teknologi digital diakui sebagai alat yang nyata untuk membantu para akademisi, khususnya di bidang matematika, dalam memecahkan masalah-masalah tertentu. Model-model matematika yang dulunya memakan waktu lama kini dapat diselesaikan dengan cepat tanpa mengabaikan tingkat akurasinya, hal ini yang mendorong terciptanya penyederhanaan dalam pemodelan matematika sebagai solusi yang realistis.

Dengan perkembangan teknologi ini muncul beberapa pemikiran mengenai keseriusan mempelajari matematika karena sudah ada alat bantu yang memudahkan penyelesaian masalah matematika, tetapi dengan adanya perkembangan teknologi ini seharusnya para matematikawan lebih belajar dengan giat agar bisa mengembangkan dan mengantisipasi permasalahan baru di masa yang akan datang.

Munculnya Profesi Baru

Perubahan di dunia digital dapat diamati di dunia profesional, karier yang muncul seperti analis internet dan media sosial menghadirkan peluang baru bagi mereka yang memiliki keterampilan matematika. Dengan bertambahnya data yang disimpan, kebutuhan akan pengolahan data untuk segala keperluan juga meningkat. Salah satu profesi yang berhubungan dengan pengolahan data adalah data science, profesi ini baru muncul beriringan dengan perkembangan teknologi dan media sosial karena data yang muncul dari media sosial sangatlah banyak sehingga perlu proses pengolahan agar bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Pada saat Indonesia baru mengalami pandemi Covid-19 dan pemerintah sedang merencanakan solusi untuk menghadapi pandemi dengan mempertimbangkan segala pro dan kontra serta protokol yang berlaku, data science hadir untuk membantu pemerintah dalam penyelesaian solusi pandemi. Bagaimana cara data science dapat membantu pemerintah dalam menentukan solusi terbaik?

Tentu saja pertanyaan itu muncul di pemikiran masyarakat, karena mereka cukup asing dengan profesi data science dan keterkaitannya dengan penyelesaian pandemi ini. Ilmu data science memiliki peran penting dalam memprediksi penyebaran wabah Covid-19, dengan penggunaan machine learning pemerintah dapat mengetahui apakah dengan diterapkannya new normal dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 dan memulihkan kehidupan ekonomi berdasarkan data yang tersedia.

Berkat kemajuan teknologi, berbagai perubahan terjadi di segala bidang kehidupan manusia. Matematika yang menjadi tumpuan kemajuan, khususnya di ranah digital, sangat diperlukan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan agar mampu berkontribusi pada masyarakat global baik di masa ini maupun untuk kedepannya.

Perkembangan teknologi yang terjadi di revolusi industri 4.0 ini mengarah ke perubahan yang positif, karena dengan berkembangnya teknologi dan media sosial semakin memudahkan kehidupan manusia ke depannya. Hal-hal ini patut dijaga dan semakin dikembangkan agar ke depannya masyarakat tidak hidup dengan kesusahan, tetapi harus tetap memerhatikan kesejahteraan masyarakat dengan meminimalkan penggunaan teknologi robot dalam bidang pekerjaan yang dapat menutup lapangan pekerjaan masyarakat.

Sebagai kaum muda dan seorang mahasiswa yang mengambil jurusan matematika tentunya saya semakin tertantang dengan situasi dan kondisi yang ada sekarang, karena dengan munculnya profesi baru seperti data science membuka lapangan pekerjaan baru dan ikut berpartisipasi mengembangkan teknologi dan media sosial. Tetapi perlu diketahui juga dengan munculnya profesi baru tentunya berjalan lurus dengan meningkatnya persaingan dalam dunia profesional. Penerapan ilmu-ilmu matematika yang sesuai dengan fungsinya sangat membantu dalam meningkatkan kualitas diri dan teknologi untuk nantinya digunakan dalam dunia pekerjaan yang profesional